Pages

Senin, 11 November 2019

Sejarah Tanggal 11 November Sebagai Hari Belanja Online 11.11

Setiap tanggal 11 November adalah merupakan tanggal bagi para perusahaan e-commerce untuk melakukan berbagai promo dalam rangka menarik konsumennya berbelanja. Promo yang dikenal dengan promo belanja online 11.11 saat ini banyak ditunggu-tunggu, karena berbagai perusahaan e-commerce di Indonesia menawarkan aneka produk yang dijual dengan harga yang hampir mendekati nilai gratis. Seperti pada hari ini, tanggal 11 November 2019, salah satu market place e-commerce menawarkan beberapa produk dengan harga hanya Rp 11.

Dengan adanya promo yang dilakukan oleh para pelaku usaha e-commerce pada tanggal 11 November setiap tahunnya selain juga dilakukan pada tanggal 12 Desember (12.12) yang kemudian dikenal dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) untuk kedua tanggal ini. Namun sebenarnya tahukah Anda, sejarah tanggal 11 November yang ditetapkan sebagai hari belanja online? Ternyata ada kisah dibalik tanggal 11.11 ini yang ditetapkan sebagai Hari Belanja.

Awalnya tanggal 11 November dipopulerkan oleh mahasiswa Nanjing University (tepatnya tanggal 11 November 1993) memperingati hari ini sebagai Singles' Day (Hari bagi para jomblo/bujangan) yang Bahasa Mandarin disebut sebagai: Guanggun Jie (Aksara Mandarin: 光棍节). Peringatan hari Singles' Day ini adalah memperingati hari anti-Valentine, dimana orang-orang yang tidak memiliki pasangan/jomblo ini akan memanjakan dirinya dengan berbelanja sepuasnya.

Kemudian pada tanggal 11 November 2009, situs belanja online Alibaba yang dibuat oleh Jack Ma, menggunakan momen peringatan hari Singles' Day 11.11 ini untuk menawarkan diskon besar-besaran bagi yang berbelanja di situs Alibaba. Ide pemberian diskon besar-besaran pada tanggal 11 November di situs Alibaba ini digagas oleh Daniel Zhang, Chief Executive Alibaba. Sejak itulah secara rutin setiap tanggal 11 November situs Alibaba memberikan promo untuk berbelanja online, sehingga dikenalah sebagai hari berbelanja online. Belakangan, setiap tanggal dan bulan kembar mulai tanggal 9 September, 10 Oktober, 11 November dan 12 Desember selalu dijadikan moment bagi perusahaan-perusahaan e-commerce untuk memberikan diskon besar-besaran dalam rangka menarik minat konsumennya untuk berbelanja. Di Indonesia sendiri, kemudian pada tanggal 12 Desember ditetapkan sebagai Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang mulai diperkenalkan oleh perusahaan-perusahaan e-commerce yang tergabung dalam Asosiasi e-Commerce Indonesia (IdeA) yang ditetapkan pada tanggal 12 Desember 2012 (12.12.12).

Sumber:
- Wikipedia.org
- time.com
- econsultancy.com

0 komentar

Posting Komentar