Pages

Tuesday, October 22, 2013

Cara Install Aplikasi BlackBerry Messanger (BBM) di Android dan iPhone

Akhirnya BlackBerry resmi meluncurkan aplikasi BlackBerry Messanger (BBM) lintas platform yang dapat digunakan di Android dan iPhone pada tanggal 22 Oktober 2013. Sebelumnya tanggal 21 dan 22 September 2013 aplikasi ini telah diujicobakan untuk diluncurkan dan kemudian ditutup sementara karena dikabarkan server BlackBerry tidak mampu menampung akses dari 1,1 juta pengguna baru. Akhirnya setelah dengan server barunya, BlackBerry secara resmi meluncurkan aplikasi ini untuk didownload secara gratis di Apple App Store dan Google Play Store.

Pada hari pertama diluncurkannya aplikasi BBM lintas platform yang diberi tagline "BBM for Everyone" (tanggal 22 Oktober 2013) ini sudah didownload oleh 1 juta pengguna Android dalam wakut kurang dari 7 jam. Untuk pengguna iPhone, diperkirakan sudah lebih dari 1 juta pengguna yang mendownload program ini. Sedangkan para pengguna yang sedang mengantri melalui situs www.bbm.com sudah mencapai 6 juta pengguna.

Sempat terdeteksi bahwa banyak program-program aplikasi BBM palsu yang juga sempat muncul di Google Play Store dan bahkan pengguna harus membayar sejumlah uang untuk mendownload program BBM palsu ini. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin mendownload aplikasi BBM for Everyone ini, perlu berhati-hati dan mempelajari ketentuan-ketentuannya. Berikut disajikan hal-hal seputar menginstall program aplikasi ini yang diringkas dari beberapa sumber dan yang diketahui penulis.

Spesifikasi Handset Yang Dapat Menggunakan Aplikasi BBM


Aplikasi BBM for Everyone ini hanya dapat dinikmati oleh pengguna iPhone dengan sistem operasi iOS 6 dan iOS 7. Sedangkan untuk pemakai Android, handset harus versi Ice Cream Sandwich ke atas dengan ukuran layar maksimal 7 inch.

Apabila pengguna mendownload program ini melalui situs www.bbm.com, maka sebelumnya akan dideteksi apakah handset yang sedang digunakan untuk mendownload program ini memenuhi spesifikasi.

Cara Setting

Setelah berhasil mendownload aplikasi BBM for Everyone (sekali lagi berhati-hatilah dalam mendownload program ini, karena ditemukan banyak aplikasi BBM palsu di Play Store), pengguna diharuskan untuk melakukan registrasi atau sign up terlebih dulu untuk membuat akun BlackBerry ID dengan cara memasukkan akun email. Ingat! Satu akun BlackBerry ID ini hanya untuk satu handset saja. Karena, jika akun BlackBerry ID ini masih digunakan di handset lain, misalnya di ponsel BlackBerry, otomatis data kontak yang ada di handset BlackBerry akan berpindah ke handset yang terdaftar baru ini ke Android atau iPhone.

Setelah sign up BlackBerry ID, pengguna iPhone maupun Android akan mendapatkan PIN unik layaknya PIN BlackBerry (biasanya PIN yang diperoleh akan diawali dengan angka "7"). Karena pengguna BBM akan menggunakan PIN, bukan nomor telepon seluler atau alamat email. Jadi lebih private dan kita selalu bisa mengontrol orang yang ada di kontak list.

Setelah BBM aktif, maka pengguna aplikasi ini sudah dapat melakukan segala aktivitas layaknya pengguna BlackBerry OS pada umumnya. Untuk invite kontak pengguna BBM lainnya, caranya juga sama seperti yang ada di BBM sebelumnya. Pengguna BBM di iPhone dan Android juga dapat menikmati fitur-fitur yang ada, semisal BBM chat, BBM group, BBM broadcast message. Di masa depan bukan tidak mungkin, fitur BBM Channel juga akan merambah masuk untuk memonetisasi layanan ini.

Mengapa Saya Masih Belum Bisa Sign in ke BBM?

"Karena permintaan yang luar biasa, ada antrean untuk menggunakan BBM. Masukkan alamat email Anda untuk mengetahui kapan Anda bisa menggunakan BBM atau mendapat tempat antrean," demikian tertulis dalam aplikasi BBM, setelah pengguna menginstal dan mengaksesnya.

Untuk mendapatkan kabar apakah pengguna sudah bisa memakai BBM, Anda diharuskan menulis alamat email. Jika sudah mencapai gilirannya, maka Anda akan diberitahu via email tersebut.

0 comments

Post a Comment