Pages

Wednesday, June 13, 2012

Sejarah Boneka Teddy Bear

Tahukah kamu ? Nama Teddy Bear sebenarnya berasal dari nama seorang presiden Amerika serikat yang ke 26. Nama presiden itu adalah Theodore Roosevelt, yang biasa dipanggil dengan sebutan Teddy. Sejarah Teddy Bear pada tahun 1902, presiden Amerika Serikat ini pergi ke Mississippi untuk menyelesaikan masalah di daerah itu. Dan saat itu presiden diajak untuk melakukan pemburuan beruang. Tetapi sayangnya sang presiden gagal untuk berburu. Akhirnya seseorang menangkap beruang tersebut dan mengikatnya, sehingga presiden bisa dengan mudah menembak beruang itu. Tetapi presiden menolak untuk melakukan hal tersebut. Kejadian ini membuat seorang bernama Clifford Berryman terinspirasi membuat gambar kartun dimana presiden sedang menolak untuk menembak sasarannya yang tidak berdaya.

Gambar kartun ini kemudian muncul di sebuah koran harian Washington bernama “The Washington Post” pada tanggal 16 November 1902. Ini membuat sensasi yang luar biasa dan membuat berita ini tersebar luas. Hal ini membuat Morris dan Rose Michtom yang berasal dari Brooklyn, New York membuatkan boneka beruang sebagai tanda penghormatan untuk sang presiden. Mereka menamai boneka ini “Teddy’s Bear” yang artinya “beruang milik Teddy”. Mereka menempatkan boneka ini di toko milik mereka, dan ternyata peminatnya sangatlah banyak. Sampai akhirnya banyak perusahaan mainan anak-anak memproduksi boneka beruang ini. Hal ini pun meluas hingga ke negara-negara Eropa, walaupun minat di sana tidak sebesar di Amerika.

Ada banyak versi dari boneka Teddy Bear, misalnya saja “The Teddy Bear’s Picnic” dimana si Teddy Bear sedang melakukan piknik atau rekreasi. Boneka ini muncul pada tahun 1908.

Kemudian pada tahun 1930an muncul boneka beruang bernama “Yes/No Bear” yang menunjukkan beruang yang sedang kebingungan.

Kemudian muncul juga boneka beruang dengan versi perempuan. Misalnya saja boneka beruang bernama “Jenni” yang dibuat oleh Elizabeth Lloyd yang berasal dari Inggris.

Sampai saat ini tercatat harga termahal dari beruang Teddy adalah seharga 176 ribu dolar Amerika atau jika dihitung saat ini sekitar 1 miliar rupiah. Boneka ini bernama “Teddy Girl” yang dibuat oleh Steiff yang dijual pada tahun 1994.

Perjalanan boneka ini begitu panjang dan walaupun sudah berlangsung cukup lama, peminatnya tetap banyak sampai saat ini.

1 comments

Dita Urdita November 8, 2017 at 6:08 AM

makasih untuk artikel tentang sejarah boneka teddy bearnya!

Post a Comment