Pages

Kamis, 12 April 2012

Tanaman Tumbuh Subur Lewat Sisa Makanan

Pamali rasanya membuang sisa makanan. Bagaimana jika Anda mencoba membaginya pada tanaman di rumah? Sisa makanan merupakan kompos sampah yang dapat memberikan nutrisi pada tanaman.

Mungkin Anda bingung membuatnya, bagaimana cara dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan kompos yang baik. Tetapi kini Anda tak usah khawatir, karena ada beberapa item sisa makanan yang memang dapat memabantu penyuburan tanpa harus diolah.

Ampas kopi
Kopi memiliki kandungan nitrogen yang baik, kandungan ini sangat baik untuk pertumbuhan tanaman. Tetapi jika Anda menggunakannya teralu banyak, tanaman Anda akan mati. Caranya yaitu dengan cara menaburkan bubuk kopi pada tanah dalam pot. Kulit biji kopi segar pun juga dapat Anda manfaatkan sebagai pupuk alami.

Kulit pisang
Kulit pisang tidak hanya memberikan nutrisi pada tanaman, tetapi juga dapat mengusir hama. Caranya yaitu dengan cara memotong kulit pisang dengan ukuran kecil-kecil. Kulit ini dapat disimpan kapan pun sehingga Anda dapat menggunakannya kapan saja. Letakan kullit pisang dalam pot yang berisi tanah di sebelah tanaman Anda, hal ini akan membantu tanaman Anda terhindar dari hama.

Kulit telur
Kulit telur kaya akan kalsium yang baik untuk tanaman. Caranya yaitu dengan cara, cuci kulit telur lalu dikeringkan dan dipotong kecil-kecil, selanjutnya tabur kulit telur di atas tanah tanaman Anda.

Rempah-rempah
Beberapa rempah-rempah yang sering digunakan untuk mengusir hama yaitu kayu manis dan cabai bubuk. Tetapi Anda harus rajin menaburnya, karena bentuknya yang kering membuat bumbu ini mudah tertiup angin. Daun thyme atau rosemary juga dapat berpatisipasi, yaitu dengan cara mencampurnya dengan air atau minyak. Campuran ini akan menjadi insektisida yang baik, semprotkan secara rutin pada tanaman.

Bonggol dan sekam jagung
Sisa makanan ini cocok digunakan untuk tanaman yang membutuhkan banyak air. Bonggol jagung dapat mempertahankan kelembapan pada tanaman, selain itu cacing juga gemar terhadap bonggol jagung. Ini akan membuat tanaman Anda menjadi subur. Sedangkan sekam jagung berfungsi untuk memberikan nutrisi pada tanah.

Sumber: Vivanews

0 komentar

Posting Komentar