Pages

Selasa, 26 April 2011

Membuat Data Blackberry Anda Aman

Konsumen smartphone Blackberry atau BB memang sudah menyebar dimana-mana. Dari kalangan muda, tua, kalangan high end hingga low end pasti sudah banyak yang menggunakan gadget yang terbilang canggih ini. Namun, para penggunanya pasti tidak ingin perangkat keluaran perusahaan Kanada, Reasearch In Motion (RIM) tersebut sampai di gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Berikut ini adalah tips agar menjaga Blackberry anda tetap aman.

1. Aktifkan Password


Jika Anda adalah pengguna Blackberry yang memakai layanan BIS (Blackberry Internet Service), hal pertama yang harus Anda lakukan ialah menyetting password. Ini adalah tips paling sederhana sekaligus paling efektif dan penting untuk mengamankan Blackberry.

Settingan password bisa ditemui di menu “Option” > “Password“. Kemudian pilih “Enabled” di kolom pilihan Password dan masukkan password yang Anda pilih. Seusai mengetikkan password, Anda akan diminta untuk mem-verify password dengan mengetikkannya sekali lagi dan smartphone Anda akan terkunci.

Ingat, saat memilih password, usahakan untuk tidak gampang ditebak oleh pihak luar. Jangan pula menyimpan password Anda di Blackberry kecuali piranti Anda sudah dijejali dengan aplikasi ‘penjaga’ password. Setelah mengaktifkan password Blackberry, Anda akan bisa mengakses opsi-opsi keamanan di screen yang terlihat, misal di Security Timeout. Pada pilihan ini Anda bisa memilih untuk menentukan berapa lama piranti tersebut akan mengunci sendiri sebeleum password diaktifkan. Anda juga bisa memilih untuk mengaktifkan password saat aplikasi baru akan diinstal guna menghindari penginstalan tanpa sepengatahuan Anda.

2. Mengenkripsi Data di Blackberry
Tips lain untuk melindungi data rahasia di Blackberry Anda ialah dengan mengenkripsi semua konten yang ada di dalamnya, baik yang ada di perangkat atau di media penyimpanan microSD Anda. Dengan melakukan langkah ini maka data yang Anda miliki tak akan bisa ditransfer atau dibaca pihak lain jika suatu saat pirani jatuh ke tangan yang salah atau kena hack.

Menu eknripsi bisa dilihat di menu “Option” > “Security Options” kemudian pilih “Encryption” lalu aktifkan dengan memilih “Enabled“. Pilihan lain akan menyusul di antaranya Encryption strenght (strong, stronger atau strongest).
Enkripsi ini bisa diterapkan untuk semua jenis file, termasuk kontak dan media file, atau Anda bisa menerapkannya hanya untuk file yang ada di media card saja sehingga file tersebut tidak bisa dihapus atau ditransfer ke piranti lain. (Proses enkripsi ini akan mempengaruhi performa Blackberry Anda. Semakin kuat (strongest) enkripsi, maka kinerja smartphone Anda akan makin lambat. Jadi, sesuaikan kebutuhan pengamanan Anda).

3. Atur Settingan Bluetooth
Hampir semua Blackberry kini sudah dilengkapi Bluetooth. Guna mencegah koneksi yang tidak diinginkan dengan piranti lain, jangan malas untuk mengatur settingan Bluetooth Blackberry Anda. Untuk mengakses pilihan Bluetooth, buka menu “Manage Connections” lalu centang box “Bluetooth“. Kemudian, scroll down dan pilih Bluetooth Options.

Pertama-tama Anda akan melihat pilihan Discoverable. Jika memilih No, maka berarti pihak lain tak akan bisa terkoneksi dengan Bluetooth Anda dan Anda harus meng-add secara manual untuk bisa terhubung. Jika memilih opsi Yes, maka siapapun yang memiliki Bluetooth bisa memindai ponsel Anda. Pilihan ketiga ‘2 Minutes‘ berarti piranti Anda akan bisa terlihat di pemindaian pihak lain dalam kurun waktu 2 menit saja. Dalam menu opsi Bluetooth, Anda juga bisa memilih Security Level untuk melindungi data yang dikirim atau diterima via Bluetooth.

4. Lindungi Data Sensitif Anda
Jangan sekali-kali menyimpan password, informasi kartu pembayaran atau data-data login di Blackberry tanpa tameng. Pakailah aplikasi yang sudah ada di piranti Blackberry bernama “Password Keeper” untuk melindungi data Anda dari tangan-tangan nakal. Dengan aplikasi tersebut, pihak luar akan kesusahan mengakses data Anda dan harus cari cara untuk meng-krack tameng tersebut. Password Keeper sendiri biasanya sudah tersedia di hampir semua piranti Blackberry.

Aplikasi lain yang mungkin bisa Anda pakai ialah “BlackBerry Wallet” keluaran RIM. Setelah menyimpan data di salah satu aplikasi itu, jika Anda ingin mengakses info-info penting, Anda tinggal membuka aplikasi dan memasukkan password master yang sudah Anda buat.

5. Sebelum Pindah Tangan, Pastikan Semua Data Terhapus
Jika Anda termasuk golongan yang suka meng-upgrade piranti dengan model terbaru atau tukar-tukaran ponsel dengan teman, pastikan Anda sudah menghapus bersih semua data di dalamnya sebelum berpindah tangan. Jangan sampai informasi penting Anda hilang atau disalahgunakan. Namun ingat, sebelum menghapusnya, backup dulu semua konten yang ada.

1 komentar

Miliana 24 Desember 2020 pukul 10.35

dulu suka banget pake BB

resep bola bola udang

Posting Komentar